KERIS SEMPANER SODO LANANG





Dimaharkan Keris Pusaka
Dhapur : ๐—ฆ๐—˜๐— ๐—ฃ๐—”๐—ก๐—˜๐—ฅ
Pamor : ๐—ฆ๐—ข๐——๐—ข ๐—Ÿ๐—”๐—ก๐—”๐—ก๐—š

๐™๐™ž๐™ก๐™ค๐™จ๐™ค๐™›๐™ž ๐™Ž๐™€๐™ˆ๐™‹๐˜ผ๐™‰๐™€๐™ :
SEMPANA BENER, ada yang menyebutnya dengan nama sempaner, adalah salah satu bentuk dhapur keris lurus. Ukuran panjang bilahnya sedang, dan biasanya permukaan bilahnya nglimpa. Sempaner mempunyai ricikan sebagai berikut; kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis dan ri pandan.

Jaman dahulu keris dhapur Sempaner banyak dimiliki oleh mereka yang aktif bekerja untuk raja atau kerajaan. Sebagian pecinta keris menganggap tuah keris dapur sempaner saat ini baik untuk dimiliki oleh orang yang masih aktif bekerja dalam dunia pemerintahan atau masyarakat. “Sae kagem ngabdi“.

๐™๐™๐˜ผ๐™ƒ ๐™‹๐˜ผ๐™ˆ๐™Š๐™ ๐™Ž๐™Š๐˜ฟ๐™Š ๐™‡๐˜ผ๐™‰๐˜ผ๐™‰๐™‚ :
Pada jaman dahulu keris dengan pamor Sodo Sakler/Sodo Lanang banyak dimiliki oleh para Prajurit sehubungan dengan mitos cerita yang berkembang, dimana Klenting Kuning mampu mengalahkan Yuyu Kangkang dengan memukulkan sodo lanang. Oleh masyarakat perkerisan tuahnya juga dipercaya untuk menambah kewibawaan, menaikkan tingkat kepercayan diri, untuk ketenaran (popularitas), menambah keteguhan hati, dan kuat iman, serta sebagai pagar pertahanan diri dan untuk mengusir kekuatan jahat.

*Keris ini sudah diwarangi/jamas, dan sudah memakai warangka yang bagus.
*Pemahar hanya tinggal pajang/simpan saja.
๐’๐ข๐ฅ๐š๐ก๐ค๐š๐ง ๐ฃ๐ข๐ค๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฆ๐ข๐ง๐š๐ญ ๐›๐ข๐ฌ๐š ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ก๐ฎ๐›๐ฎ๐ง๐ ๐ข:
Wa admin : 0857-3333-7358

#keris #sempaner #sodolanang #budaya #kolektor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arca Hanoman

Arca Dewi Parwati